Berita Selengkapnya

DPW Wahdah Islamiyah Jakarta menggelar Pra Mukerwil VIII yang kedua hari ini

16 Dec 2023

DPW Wahdah Islamiyah Jakarta, 16 Desember 2023 - Suasana semangat terasa di Yayasan Al Hijaz Al Khairiyah Indonesia, Depok, saat Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Wahdah Islamiyah Jakarta melaksanakan PRA MUKERWIL VIII yang kedua. Musyawarah ini merupakan kelanjutan dari Musyawarah Kerja Wilayah sebelumnya dan dihadiri oleh seluruh pengurus dan perwakilan dari berbagai departemen.


Musyawarah kerja wilayah ini menjadi wadah penting untuk membahas Rancangan Rekapitulasi Program Kerja tahun 2024 mendatang. Dalam suasana kekeluargaan, perwakilan dari setiap departemen menyampaikan rencana dan program kerja yang akan dijalankan dalam upaya memajukan organisasi Wahdah Islamiyah di wilayah Jakarta.

Ketua DPW Wahdah Islamiyah Jakarta, Ustad Ilham Jaya Abd. Rauf , Lc., M.H.I, menyampaikan pidato pembukaan dengan penuh semangat. "Mari ambil hikmah dan mencontoh spirit dari pejuang kemerdekaan Palestina. Mereka mujahadah dalam menjalankan tugas mereka di sana. Di sini, kewajiban kita untuk menjiplak semangat mereka," ungkapnya.

Lanjut kata UstadMuhammad Anas Syukur ML,  S.Pd.I., Lc. selaku sekretaris DPW Wahdah Islamiyah Jakarta "Harapan Mukerwil VIII DPW Wahdah Islamiyah Jakarta ini bisa melahirkan ide - ide yg muwaffaq dari Allah Yang Maha Kuasa sehingga ditahun 2024 bisa terlaksana program dan kegiatan yang memberikan manfaat yang  terbaik bagi ummat dan bangsa biidznillah"

Salah satu poin utama yang menjadi sorotan dalam MUKERWIL kali ini adalah program kerja dari Kesekretariatan. Kesekretariatan DPW Wahdah Islamiyah Jakarta memfokuskan bagaimana agar setiap DPD yang berada dibawah naungan DPW bisa tetap bersinergi dan diharapkan DPD menjalankan fungsinya sebagaimana yang diharapkan oleh DPW. Tak hanya itu, Kesekretariatan juga menargetkan agar kualitas dan kapasitas SDM pelayanan administrasi kantor bisa ditingkatkan lagi.

Tidak kalah menarik, departemen Kaderisasi juga memberikan kontribusi penting dalam Rancangan Rekapitulasi Program Kerja. Mereka berfokus pada upaya peningkatan kualitas SDM kader di wilayah DKI Jakarta. Departemen kaderisasi menargetkan bagaimana agar supaya dai' dan murobbi bisa mengalami pertumbuhan dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas agar supaya bisa memberikan kontribusi terbaik untuk ummat.

Tak hanya itu, Departemen Media dan Komunikasi (Medikom) juga turut menyampaikan program kerja unggulan mereka untuk tahun 2024. Target utama medikom adalah pemaksimalan publikasi setiap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan departemen lain agar bisa tersampaikan ke kalangan publik. Selain itu , juga sebagai proses branding dari DPW Wahdah Islamiyah itu sendiri agar lebih dikenal secara luas oleh masyarakat.

Departemen Dakwah sendiri menyampaikan bahwa akan memaksimalkan pengumpulan informasi Da'i dan jadwal kajian yang diisi sehingga masyarakat yang ingin mengikuti kajian islami, tafidz quran ataupun DIROSA (Pendidikan Alquran untuk Orang Dewasa) bisa melihat secara detail jadwal yang disediakan oleh Wahdah Islamiyah Jakarta.

Sementara itu Departemen Pendidikan berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan Islam di sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Wahdah Islamiyah.


Dari semua rancangan program kerja tiap departemen tentu harapannya agar semua departemen bisa bersinergi satu sama lain sehingga visi misi organisasi bisa tercapai dan terlaksana dengan baik.

Pada akhir musyawarah, diharapkan dapat mencerminkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat, sehingga Wahdah Islamiyah Jakarta dapat lebih efektif dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di wilayah tersebut.

MUKERWIL VIII ini bukan hanya sebagai ajang untuk merumuskan program kerja, tetapi juga sebagai momentum untuk mempererat tali silaturahmi antaranggota dan membangun kebersamaan dalam perjalanan organisasi Wahdah Islamiyah di Jakarta. DPW Wahdah Islamiyah Jakarta berkomitmen untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi kemajuan umat dan masyarakat khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya.


Reporter,

MEDIKOM DPW Wahdah Islamiyah Jakarta