Berita Selengkapnya

Tadrib Ad-Du'at Wahdah Islamiyah Jakarta menggelar kegiatan Tarbiyah Camp di Puncak Bogor

11 Dec 2023

Jakarta - Santri Tadrib Ad-Du'at Wahdah Islamiyah Jakarta menggelar kegiatan unggulan mereka, Tarbiyah Camp, dengan tujuan memperkuat jalinan Ukhuwah Islamiyah di kalangan para santri. Acara ini berlangsung selama dua hari penuh, mulai dari 3 hingga 4 Desember 2023, di sebuah lokasi camping ground di Puncak Bogor, Pinus Eco Park Camping Ground.

tarbiyah camp


Kegiatan Tarbiyah Camp tidak hanya sekadar mengadakan pertemuan biasa, namun juga menghadirkan berbagai agenda yang beragam untuk membentuk karakter, kekompakan, dan kebersamaan antar santri. Beberapa agenda yang dihadirkan dalam kegiatan kali ini antara lain adalah latihan memasang tenda, masak bersama, games, tracking ke air terjun, bakar jagung, dan kultum.

Salah satu momen yang penuh semangat adalah latihan memasang tenda, di mana santri diberikan kesempatan untuk belajar keterampilan dasar berkemah. Dalam suasana kebersamaan, mereka saling membantu dan berkolaborasi untuk menyelesaikan tugas tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk kemandirian dan rasa tanggung jawab pada setiap individu.

tarbiyah camp


Sementara itu, kegiatan masak bersama menjadi momen akrab bagi para santri untuk saling berbagi pengalaman dan keahlian memasak. Dalam suasana yang penuh keceriaan, mereka menyajikan hidangan lezat hasil kreasi bersama, menjadikan momen makan bersama sebagai ajang mempererat tali persaudaraan.

tarbiyah camp

Games yang diselenggarakan tidak hanya bersifat hiburan semata, tetapi juga mengandung nilai-nilai pendidikan dan pembentukan karakter. Hal ini sejalan dengan tujuan Tadrib Ad-Du'at Wahdah Islamiyah Jakarta untuk menciptakan kader-kader yang memiliki keunggulan dalam berbagai aspek kehidupan.

Tidak ketinggalan, kegiatan tracking ke air terjun memberikan kesempatan kepada peserta untuk mendekatkan diri dengan alam. Mereka diajak untuk menjelajahi keindahan alam sambil merenung dan meresapi kebesaran ciptaan Allah. Aktivitas ini diharapkan dapat memperkuat keimanan dan ketakwaan anggota.








Tarbiyah Camp ini diisi juga dengan kegiatan bakar jagung. Acara kultum juga menjadi bagian yang tak terpisahkan, di mana anggota berbagi pengalaman dan pelajaran yang mereka dapatkan selama kegiatan.

tarbiyah camp


"Semoga dengan adanya kegiatan tarbiyah camp ini bisa menciptakan generasi yang mandiri, kuat, dan bisa menjalin ukhuwah satu sama lain sehingga tercipta kebersamaan dan nantinya akan berguna bagi agama dan bangsa" tutur Ustad Arafah selaku pembina Tadrib Ad-Du'at Wahdah Islamiyah Jakarta.

"Kami berharap, melalui Tarbiyah Camp ini, para santri dapat memperkuat Ukhuwah Islamiyah, membentuk karakter yang tangguh, dan menjadi teladan bagi masyarakat sekitar," ujar ketua panitia kegiatan, Rezky Antonio.

Dengan antusiasme dan semangat yang tinggi, Tarbiyah Camp Tadrib Ad-Du'at Wahdah Islamiyah Jakarta sukses terselenggara, meninggalkan kenangan berharga dan pelajaran yang mendalam bagi setiap peserta. Kegiatan ini menjadi bukti komitmen organisasi dalam membentuk generasi yang unggul, berakhlak mulia, dan mendukung terwujudnya masyarakat yang sejahtera.


Reporter,

Medikom DPW Wahdah Islamiyah Jakarta